Tuesday, December 1, 2015

Tips Hemat Listrik - Menyiasati Kenaikan Listrik

Mulai Desember 2015 ini, pemerintah bersama PLN melakukan kebijakan menaikan tarif Listrik. Khusus untuk Daya 1300 VA dan 2200 VA akan diberlakukan Tariff Adjustment, artinya bisa naik bisa turun. Nah untuk menyiasati kenaikan tersebut, saya akan melakukan beberapa pola pemakian Listrik.


Menurut detik.com, untuk daya 1300 VA kenaikan listriknya bisa mencapai 11%. Tadinya saya hanya mengeluh dan tentunya pusing akan kenaikan listrik yang selalu saja naik terus. Tidak melakukan penghematan sama sekali. Tapi mulai saat ini saya dan keluarga harus melakukan penerapan pola pemakian listrik agar bisa mengurangi tagihan listrik dan tentunya akan HEMAT BIAYA. Semoga apa yang saya lakukan bisa menjadi Tips Hemat Listrik bagi semuanya.

Berikut yang akan saya lakukan adalah :
  1. Membuat Tower Air. Karena selama ini setiap buka kran, mesin pompa air nyala. Dengan adanya tower air ini, diharapkan pemakian listrik akan berkurang drastis.
  2. Melakukan penghematan penggunaan air. Dengan penggunaan air secukupnya, otomatis penggunaan pompa air juga akan berkurang.
  3. Cuci pakian dengan mesin cuci, akan dirubah waktunya ke pagi hari setelah semua lampu tidak terpakai.
  4. Setrika dilakukan pagi atau siang hari dan atur panas sesuai jenis bahan pakian
  5. Mengurangi pemakian Kipas Angin.
  6. Mengecilkan suhu Kulkas, karena semakin dingin semakin besar pula energi listrik yang dibutuhkan.
  7. Menggunakan lampu dan peralatan electronic lainnya hanya jika diperlukan seperti dispenser dan atau yang lainnya.
  8. Bagi yang mempunyai AC, matikan AC saat kita berada di luar kamar/ruangan.

Semoga apa yang saya lakukan bisa menjadi Tips Hemat Listrik bagi semuanya.
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment