Wednesday, December 16, 2015

Asyiknya Ngopi di Pagi Hari

Sebagai penikmat kopi, saya lebih memilih untuk minum kopi pada pagi sebelum mandi. Sambil ngopi saya biasanya melakukan aktifitas yang lain. Saya lebih memilih Kopi hitam dari pada kopi instan karena rasanya lebih original dan harum bagi saya.

Asyiknya ngopi di pagi hari biasanya saya lakukan sambil memberi makan ikan di akuarium. Senang melihat ikan-ikan pada berebut makanan. Lagi asyiknya ngopi, baru setengah gelas, perut sudah terasa mules. Hal ini sering terjadi, padahal kopi belum habis. akhirnya saya pergi ke kamar mandi dan sekalian mandi.

Kegiatan ngopi pagi hari ini saya lakukan bukan sekedar menikmati kopinya, tapi juga agar setiap pagi bisa BAB. Penasaran kenapa sih kalo tiap habis minum kopi langsung pengen BAB. Akhirya saya mencari di mbah google terkait efek minum kopi di pagi hari. Ternyata efek mules tersebut ada penjelasanya. 

Penjelasan Medis Kenapa Setelah Minum Kopi Perut Terasa Mulas


Dikatakan oleh Satish Rao, M.D., Ph.D., ahli kesehatan di Georgia Regents University, kopi pada dasarnya dapat meningkatkan kontraksi di usus, yang artinya, kopi akan memicu tinja berjalan lebih cepat menuju rektum.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah Rao dan timnya meneliti 12 orang sekitar dua dekade lalu. Dalam penelitiannya, partisipan diminta untuk mengkonsumsi minuman berkafein selama kurang-lebih 10 jam.

Terkait perut mulas setelah minum kopi, beberapa ilmuwan juga punya teori lain. Sebagaimana yang dilansir situs Menshealth, kopi diklaim bisa memicu pelepasan gastrin yang pada akhirnya menyebabkan sekresi asam di dalam perut. Dan bila hal itu terjadi, tinja pun akan keluar lebih cepat.

Bila anda tidak menyukai efek minum kopi di pagi hari bikin perut mulas, maka anda bisa mencegah hal tersebut. Anda bisa mencegah mulas saat beraktivitas, yaitu dengan cara minum kopi setidaknya dua jam setelah bangun pagi. Hal itu akan memberikan waktu bagi usus untuk menenangkan diri.

Adapun manfaat dari perut mulas setelah minum kopi tentu saja akan membuat anda yang selama ini bermasalah dengan susah buang air besar (BAB) menjadi teratasi saat itu juga. Namun akan menjadi hal yang buruk ketika perut terasa mulas sementara anda harus segera berangkat ke kantor.

Met Ngopi !!!

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment