Thursday, August 24, 2017

Wisata Alam - Wana Wisata Penggaron

Sedang lihat-lihat posisi kantor cabang di daerah Jl. Brigjen Katamso - Ungaran, eh ternyata ada objek Wisata Alam Wana Wisata Penggaron yang letaknya dekat dari kantor dan bisa ditempuh hanya dengan 9 menit dengan berjalan kaki sampai ke gerbang pintu masuk. Cuman yang aneh, kok tidak ada papan nama di pinggir jalan raya-nya yaa???

Saya coba selidiki lewat google maps (street view) pun tanda tempat objek wisata tersebut tidak saya temukan. Kalau saya perhatikan, lokasi agak jauh di dalam, dan tersebar untuk berbagai kegiatan. Lumayan cape juga sepertinya kalau harus berjalan kaki. Hutannya masih asri, rimbun. Dan tentunya yang membuat saya menarik adalah karena ada bumi perkemahannya. Masih belum dapet info yang banyak, akhirnya cari-cari info di google deh.

Pintu Masuk Wisata Alam Wana Wisata Penggaron
Pintu Masuk Wisata Alam Wana Wisata Penggaron
Dari berbagai sumber yang saya rangkum, Lokasi Wisata Alam ini terletak di wilayah administratif Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang dan berjarak sekitar 2 KM dari kota Ungaran atau sekitar 18 KM dari kota Semarang.

Wana Wisata Penggaron dengan luas sekitar 500 hektar adalah salah satu hutan binaan dari Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU L) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

Arena Parkir Wisata Alam Wana Wisata Penggaron
Arena Parkir Wisata Alam Wana Wisata Penggaron

Banyak kegiatan dilakukan di Wana Wisata ini  seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar Semarang antara lainnya adalah olah raga, jungle tracking, outbond training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, sampai penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuannya lainnya.

Selain kegiatan tersebut diatas, juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus karena memiliki koleksi burung yang cukup banyak dan menarik dan juga koleksi kehidupan liar lainnya. SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam Wana Wisata tersebut, dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Suasana Hutan Wisata Alam Wana Wisata Penggaron
Suasana Hutan Wisata Alam Wana Wisata Penggaron


Keanekaragaman jenis burung dan juga sabagai jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara tersebut, hal ni menjadi potensi tersendiri bagi Wana Wisata Penggaron yang diharapkan mampu membuat tempat ini tidak hanya dikenal sebagai hutan wisata yang biasa saja, namun juga mampu menjadi ekoeduwisata (wisata alam yang berwawasan lingkungan dan pendidikan).

Lokasi Wana Wisata Penggaron:
Untuk menuju lokasi, dari Kota Semarang ke selatan, setelah Taman Unyil Ungaran maju terus. Setelah Bappeda Kabupaten Semarang belok kiri, terus belok kiri lagi lantas belok kanan.

Bisa juga setelah Mapolres Ungaran belok kiri, lurus mentok belok kiri, maju terus mentok belok kanan, setelah menyeberangi jembatan Tol Semarang-Solo, Wana Wisata Penggaron ini berada di sebelah kiri jalan. 

Atau bagi pengguna Android, tingga masukkan saja kata kunci nya Wisata Alam Wana Wisata Penggaron pada Maps, maka kita akan langsung diarahkan ke lokasi dari manapun kita akan berangkat.


Info terakhir :
  • tiket masuk Hutan Penggaron hanya Rp 6.000/orang, 
  • parkir mobil Rp 3.000. 
  • Sepeda Motor Rp. 2.000. 
  • Buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. 
  • Untuk para wisatawan yang sedang mengadakan kegiatan camping akan dijaga oleh petugas.
Nah, akhirnya kalau saya ada tugas ke Ungaran lagi, saya akan sempatkan untuk mampir ke Wisata Alam Wana Wisata Penggaron. Aahh.. kebayang deh sejuknya udara pagi, wanginya udara hutan. Jadi pengen cepet ke Ungaran lagi.....
  • Share:

3 comments: