Monday, June 12, 2017

Deretan Fitur Baru Windows 10

Seperti yang diberitakan CNN Indonesia bahwa Microsoft baru saja mengumumkan pembaruan yang dihadirkannya di Windows 10 preview untuk komputer desktop. Update ini membawa banyak perbaikan termasuk di Start, Edge, Cortana, beberapa input, shell, setting hingga font.

Pembaruan ini merupakan yang ketiga untuk Windows 10 Fall Creators Update dan akan bisa dinikmati seluruh pengguna pada akhir tahun ini.

Microsoft telah merilis tiga macam update secara garis besar yakni November Update, Anniversary Update dan Creators Update.



Walaupun masih akhir tahun dirilis untuk publik, beberapa pengembang akan bisa segera mencicipi fitur-fitur baru di bawah ini. Berikut rinciannya:

Action Center dan Microsoft Edge

Untuk pembaruan teranyar, perubahan besar dapat dilihat dari penampilan pusat pemberitahuan (Action Center) yang telah didesain ulang dengan pemisah setiap aplikasi. Dengan begitu, tampilan menjadi lebih rapi dan koheren karena pemberitahuan dari setiap perangkat dipisahkan.

Selain itu, pengguna juga akan bisa pin situs kesayangan di taskbar pada update Windows 10 terbaru. Sekali di-pin, situs akan terbuka di browser Edge. Microsoft juga memperbaiki animasi untuk tabs baru di Edge yang membuatnya terlihat lebih cepat. 

Cortana

Cortana di sisi lain juga mendapatkan beberapa pembaruan seperti kemampuan untuk membuat pengingat dari memindai gambar dengan izin pengguna untuk mengingatkan mengenai sebuah acara. Artinya, pengguna bisa memindai poster konser untuk membuat reminder. 

Pengguna juga bisa memanfaatkan stylus untuk meminta Cortana membuat pengingat dari sesuatu yang dilingkari. Dengan begitu, Anda bisa melingkari jadwal nonton film dan meminta Cortana untuk membuat pengingatnya.

Stylus

The Verge menyebutkan bahwa pembaruan terbesar kemungkinan memang diberikan untuk dukungan stylus. Panel tulisan tangan telah dirombak dengan lebih banyak gesture, editing yang lebih baik, emoji, dan deteksi tulisan tangan otomatis. 

Saat pengguna menulis dengan pena, kata-kata secara otomatis dikonversi menjadi teks, dan kata-kata akan bergeser sehingga Anda bisa terus menulis. Mereka juga dapat memilih teks untuk mengeditnya, dan melakukan koreksi terhadap teks yang dikonversi menggunakan tinta gesture.

Pengguna dapat mencoret, membuat gambar kasar, menggabung, atau memisah dengan gesture, dan panel tulisan tangan juga menyertakan akses cepat ke emoji dan simbol. Panel tulisan tangan akan melayang secara default di sebelah tempat pengguna menulis.

Pengguna bahkan dapat menggunakan stylus untuk menggulir di aplikasi dan situs web. Microsoft juga menambahkan opsi "temukan pena saya", yang akan menunjukkan di mana saat terakhir pengguna meninggalkan pena.

Emoji

Microsoft kini juga memudahkan pengguna lebih mudah menyertakan emoji ke email dan pesan sosial media. Pintasan keyboard winkey titik dua akan memgeluarkan panel emoji baru di mana pengguna dapat memilih emoji yang paling tepat untuk pesan. 

Sementara ini, dari Windows 10 yang saat ini saya gunakan, emoji pada email langsung bisa muncul jika kita mengetikan semisal :)



Microsoft juga menambahkan keyboard sentuh baru untuk pengguna desktop dan tablet Windows 10, dengan prediksi, saran emoji, masukan satu tangan, dan bentuk penulisan dengan jari atau stylus. 

Fitur Dikte juga telah ditambahkan ke keyboard sehingga pengguna bisa mendikte teks atau menggunakannya untuk perintah pengeditan dasar. Dikte sendiri sebenarnya telah ada di Windows selama bertahun-tahun, namun baru dimanfaatkan Microsoft untuk hal ini.

Demikian Deretan Fitur Baru pada Windows 10. Semoga windows makin yahud... 👍
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment