Friday, July 1, 2022

Cara Mengatasi Error Side By Side Configuration Autocad 2012

Hai semua. Mohon maaf baru sempat posting lagi, karena kebetulan pas ada kejadian yang menimpa laptop saya. Ketika akan menjalankan Autocad tiba-tiba muncul pesan The application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect.

Untuk lebih jelasnya pesan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Pesan error side by side configuration

Sempat bingung nih, kok tiba-tiba muncul pesan kaya gini. Akhirnya saya coba buka log pada Event Viewer seperti gambar di bawah ini. Bagi teman yang belum tau untuk mengakses Event Viewer bisa melakukan searching pada laptop/komputer, atau bisa mengakses pada start menu yang merupakan sub dari Windows Administrative Tools > Event Viwer.

Event viewer

Akhirnya saya coba  browsing di google dengan kata kunci 9.0.21022.8 yang merupakan version seperti pada gambar diatas dan muncul hasil pencarian seperti gambar di bawa ini.


Nah dari sini saya tau bawah penyebabnya adalah karena di laptop saya tidak ada terpasang Microsoft Visual C++ 2008 version 9.0.21022.8. Dan saya ingat ternyata saya pernah menghapus semua versi Microsoft Virtual C++ dibawah tahun 2015, karena pertimbangan bahwa sudah ada terbaru, maka yang versi lama saya hapus. Tapi ternyata ini berpengaruh pada program Autocad 2012 yang sudah terinstall.

Saya juga belum mencoba program / aplikasi yang lainnya, semoga saja tidak seperti Autocad 2012 ini.  Akhirnya saya coba cari file nya langsung pada microsoft, ternyata ada dan bisa di download pada halaman Microsoft Visual C++ 2008 Service Pack 1 Redistributable Package MFC Security Update. Langsung saya download, saya pilih yang untuk X86 karena laptop saya install windows 32 bit. File bernama vcredist_x86.exe dan hanya berukuran 4.378 KB. 

Langkah berikutnya saya hanya jalankan file vcredist_x86.exe dan tunggu sampai proses Setup selesai. Setelah selesai, saya coba kembali jalankan Autocad 2012 dan .. taraaa .. berhasil.

Dari kejadian ini saya dapat menarik kesimpulan Jangan sekali-kali menghapus program Microsoft Virtual C++ yang sudah tersintal di laptop/komputer! Hehehe 😁 Maksud hati ingin ngurangin space, eh malah error.

Semoga kejadian ini dapat menjadi contoh bagi teman-teman semua agar tidak terjadi pada pada laptop/komputer teman-teman. Demikian tulisan saya kali ini mengenai  Cara Mengatasi Error Side By Side Configuration yang terjadi pada Autocad 2012 dan semoga bermanfaat.

Salam.

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment