Saturday, July 2, 2022

Cara mudah mengetahui PC/Laptop Support Windows 11 atau tidak tanpa instal aplikasi atau program PC Health Check

Kali ini saya akan membagikan Cara mudah untuk mengetahui PC/laptop kita support atau tidak untuk upgrade atau install Windows 11 tanpa instal aplikasi atau program PC Health Check.

Mungkin topik ini sudah agak lama untuk di bahas, hanya saja kebanyakan menyarankan untuk menginstal aplikasi atau program PC Health Check. Ternyata caranya sangatlah mudah, kita cukup mengunjungi situs Microsoft dengan syarat PC/Laptop harus terhubungan dengan internet. Cek disini maka akan muncul pernyataan seperti gambar di bawah ini.


Atau juga bisa dengan melihatnya pada Windows Update. Untuk melihatnya kita dapat dengan cara :

  1. Settings > Windows Update
  2. Ketik Windows Update pada kolom pencarian > klik Windows Update

Dari kedua gambar diatas terlihat bahwa PC/Laptop tidak memenuhi syarat untuk menjalankan Windows 11. 

Aplikasi/Program PC Health Check dibutuhkan hanya jika kita ingin mengetahui lebih detail apa saja yang menjadi kekurangan sehingga PC/Laptop kita tidak memenuhi syarat untuk Install/Update Windows 11.

Untuk menutupi rasa penasaran saya, apa sih yang kurang dari PC/Laptop saya ini, maka saya download PC Health Check melalui situs Major Geeks karena bisa memilih untuk Windows 32 bit atau 64 bit. Saya tentu pilih yang untuk 32 bit karena Windows 10 saya terpasang yang 32 bit walaupun processor sudah mendukung 64 bit. Setelah download, install, jalankan aplikasi, dan lakukan pengecekan, akhirnya saya mendapatkan hasil seperti ini.


Dan akhirnya saya tau kalau ada 4 point yang menyebakan tidak bisa update/install windows 11 pada laptop saya yaitu selain masalah tidak support Secure Boost dan TMP 2.0, masalah utamanya adalah pada processor yang masih belum Dual Core dan Windows nya masih 32 bit, karena processor minimal harus Dual Core dan Windows harus 64 bit. 

Untuk melihat detail Minimum Requirement Windows 11 dapat mengunjungi halaman situs Microsoft.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara mudah mengetahui PC/Laptop Support Windows 11 atau tidak tanpa instal aplikasi atau program PC Health Check. Semoga bermanfaat bagi sobat yang belum mengetahuinya.

Salam

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment