Saturday, December 20, 2014

Travelling ke Danau Kelimutu

Bagi anda yang suka travelling, Danau Kelimutu bisa menjadi salah satu tujuan travelling anda berikutnya. Danau Kelimutu terletak di Pulau Flores - Nusa Tenggara Timur, terletak di puncak Gunung Kelimutu yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu, tidak jauh dari Kota Ende. Untuk menuju puncak Danau Kelimutu sangat mudah, karena bisa dijangkau menggukan kendaraan. Sisanya dilanjutkan dengan berjalan kaki yang jaraknya juga tidak terlalu jauh menurut saya.


Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Untuk ke Danau Kelimutu, kita harus naik pesawat tujuan Ende. Penerbangan dari Jakarta lebih banyak yang transit di Kupang terlebih dahulu baru menuju ke Ende. Ada juga yang dua kali transit yaitu ke Bali terlebih dadulu, lalu ke Kupang dan terus ke Ende. Ada yang langsung menggunakan satu maskapai penerbangan seperti Lion Air, ada juga yang ganti maskapai walaupun kita memesan tiket untuk langsung ke Ende.

Bandara H. Hasan Aroeboesman
Bandara H. Hasan Aroeboesman, Ende, Flores
Jika dari Jakarta pagi, biasanya sampai di Ende sudah sore. Setelah berada di Ende, di luar Bandara H. Hasan Aroeboesman ada sewa mobil jika anda ingin langsung menuju ke lokasi. Jika tidak, Anda bisa cari Hotel di kota Ende. Jalur dari Ende ke Kelimutu adalah jalur utama menuju kota yang juga sudah cukup kita kenal yaitu kota Maumere.

Area Parkir Danau Kelimutu
Area Parkir Danau Kelimutu
Pintu masuk untuk menuju Danau Kelimutu, juga merupakan gerbang untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Kelimutu. Sebelum gerbang masuk, banyak penginapan jika ingin malam menginap dan pagi nya langsung menuju ke Kawah Kelimutu untuk menyaksikan Sunrise. Ketika anda berada di Danau Kelimutu, anda bisa membuat Foto Sebagai Koleksi dan jangan kaget karena anda bisa berjumpa dengan monyet-monyet liar penghuni Taman Nasional. Tapi jangan takut karena kawanan monyet tersebut tidak galak dan sudah terbiasa dengan kehadiran kita.

Tourist from Sweden
Tourist asal Swedia
Banyak turis mancanegara yang suka hiking, mereka malahan jalan kaki menuju kawah menyurusi jalan mulus beraspal dan cukup untuk 2 mobil. Jika Anda cukup punya dana dan waktu, Danau Kelimutu jangan lah Anda lewatkan, karena selain keindahan Danau dan alam skitar, juga selama perjalanan menuju lokasi terhampar keindahan alamnya. Foto disamping adalah salah satu turis yang berasal dari Swedia sedang menghabiskan masa liburannya.

Pemandangan di sisi jalan
Pemandangan Alam
Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende
Selain Travelling ke Kelimutu, anda juga bisa mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno sebagai salah satu tempat bersejarah, yang terletak di kota Ende dan tidak jauh dari Bandara. Sebelum pintu gerbang masuk Taman Nasional, yang berada di desa Moni, ada juga air terjun yang mungkin bisa anda kunjungi walaupun air terjunya tidak tinggi. Selama di perjalanan menuju Kelimutu, saya juga sempat menyaksikan beberapa air terjun, ada yang di pinggir jalan raya, ada juga yang cukup jauh tapi masih terlihat dari jalan raya.


Demikian info Travelling ke Danau Kelimutu, semoga menjadi inspirasi bagi Anda sebagai tujuan Travelling anda selanjutnya. Salam.
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment