Wednesday, December 24, 2014

Penerapan Multitasking Dalam Bekerja

Penerapan Multitasking Dalam Bekerja sangatlah penting bagi seorang dalam bekerja. Seperti layaknya Multitasking dalam dunia komputer, seorang yang bekerja dibawah suatu pimpinan lebih baik bisa menerapkan sistem multitasking tersebut agar lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Apa itu Multitasking? Multitasking adalah istilah dalam teknologi informasi yang mengacu pada sebuah metode dimana banyak pekerjaan (proses) yang diolah dengan menggunakan sumberdaya (CPU) yang sama. Sebagai contoh adalah sebuah sistem operasi Windows yang bisa menjalankan beberapa program sekaligus, misalnya : MS Word, MS Excel dan berbagai aplikasi lainnya.

Windows Multitasking
Windows Multitasking
Nah, dengan mencontoh pada hal di atas, kita juga bisa menerapkan sistem pekerjaan kita secara multitasking layaknya sebuah komputer. Penerapan multitasking dalam hal ini jika kita sedang melaksakan suatu pekerjaan dan harus melaksanakan pekerjaan yang lainnya. Sebagai contoh, Ada seorang karyawan yang tugas nya sedang meng-entry data dan tiba-tiba atasannya meminta dia untuk membuat laporan sementara walaupun pekerjaannya belum selesai. Maka yang harus dilakukannya adalah tetap melanjutkan entry data sampai batas aman untuk bisa ditinggalkan sejenak, baru kemudian mengerjakan apa yang ditugaskan oleh atasannya.

Dengan kasus diatas, berarti kita sudah melakukan 2 bahkan lebih tugas sekaligus dengan memperhatikan skala prioritas. Prioritas utama adalah membuat laporan sementara yang ditugaskan langsung oleh atasannya. 

Kalau kita merasa pekerjaan entry data tersebut juga penting karena harus cepat selesai, kita bisa mengatakan kepada atasan kita bahwa kita sedang entry dan bertanya apakah tugas yang diminta harus cepat selesai atau memang bisa ditunda. Atau bertanya kapan laporan yang diminta harus selesai. Jika memang harus secepatnya, maka tunda dulu pekerjaan kita dan kerjaan terlebih dahulu apa yang diminta oleh atasan.

Contoh lainnya adalah kita sedang membuat dokumen untuk proyek A mulai dari penentuan jenis equipment sampai dengan perhitungan kebutuhan material yang harus disiapkan, tapi atasan sudah meminta kita untuk membuat gambar yang akan digunakan atasan kita sebagai bahan presentasi proyek B. Maka kita harus menghentikan pekerjaan kita sebelumnya dan langsung mengerjakan gambar.

Demikianlah Penerapan Multitasking Dalam Bekerja, semoga bermanfaat dan semoga kita termotivasi dan berusaha untuk lebih giat dalam bekerja.

Salam.
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment