Wednesday, December 3, 2014

Pendakian Welirang Arjuno

Kembali mengingat ke masa lalu, ini merupakan pendakian yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Perlu untuk diketahui, Welirang Arjuno masing-masing adalah nama Gunung yang terletak di Malang - Jawa Timur. Kami Berangkat menggunakan kereta ke Surabaya, menginap semalam di rumah Saudaranya teman, dan besoknya dilanjut dengan menggunakan kendaraan umum jurusan Pandaan dan Tretes.
Huehehe, kalo yang satu ini mah pokoknya mah sip dah. Bayangin ajah, kita disana ampe betah banget (4 malem 5 hari). Suasananya bikin kita betah sih (BaseCamp-red).

Awal pendakian di tengah jalan udah diguyur ujan. Langsung deh terpal digelar buat neduh. Kelamaan ujan ga ngapa-ngapain, punya ide nih "enak nya bikin kopi", tapi batang kayu pada basa. Akhirnya ranting2 dikumpulin trus di tetesin lilin dan akhirnya .. jadi deh tungku buat bikin kopi.. ujan ditampung disaring pake sapu tangan. akhirnya ... srupuuuttt ..nikmat tenan...

pondokan welirang
Pondokan Welirang
Singkat cerita sampilah kita di basecamp. Istirahat melepas penat. Banyak juga pendaki yang udah pada sampe duluan. Jalan dari basecamp terbagi dua menuju Arjuno dan Welirang. Akhirnya kita mutusin ke Welirang dulu deh.

Pertama tujuan ke Welirang berangkat jam 2, eh malah nyasar ke G.Kembar. Trus paginya baru deh berangkat ke Welirang karena udah keliatan. Hihihih, pas gue manjat ke G.Welirang hampir ajah pada jatoh, lagian manjat2 ngerayap udah kayak cicek. Yang milih jalan juga kacaw. Akhirnya sampe juga ke Welirang. Langsung dah rebahan di bawah terik matahari. Eh pas turunnya ada ujan. Langsung tuh terpal dilebarin kagak pake iket2 an dah. Yang penting nutupin kita semua. Hiihihi. Disini kita pada bikin kupi sambil nunggu reda. Abis reda baru deh turun ke basecamp. Hehehe.

Besoknya baru jam 2 malem berangkat ke G. Arjuno. Di tengah jalan ketemu ama sekelompok kijang. Sampe di atas langsung photo2 seperti biasa. Udah puas photo2 .. trus turun balik deh ke basecamp. Hehehe.. sempet nyasar-nyasar dikit euy.. maklum.. soalnya kan waktu nanjak nya gelap atuh.

Malemnya jam 12 malem gue ngerayain ultah gue dengan meniup sebatang lilin dan minum kopi hangat. Besokannya baru kami turun. Di tengah jalan di air terjun, kami bertemu seorang yang membawa tumpeng yang katanya untuk selametan sumber air. Nah disitulah kami makan2 sepuasnya. Jarang2 di gunung makan enak seperti itu. Pokoknya endah banget dah. Nikmat, sedap. Cuman sayang pada keabisan rokok. Hihihi .. rokok dari anak2 yang baru naek pun langsung kita serbu. Maklum " abis makan ora ngudut enek rek ". Kekeke

Udah kenyang langsung ngelanjutin turun. Nah pas ini kami terbagi dua kelompok karena yang dua udah duluan. Tengah jalan ada jalan potong yang sebenernya memang kita belom tau. Sudah tradisi kami selalu maen potong jalur. Langsung aja gue dan kawan gue ambil jalan itu yang sempet bikin keder. Sempet ngga ketemu jalan untuk kembali. Hehehhe. Kami berpikir .. mungkin teman kami yang duluan ambil jalur yang bener.

Setelah sekian lama akhirnya kami menemukan jalan dan kembali ke jalur utama. Segera kami turun ke pos. Sesampainya di bawah (pos) kami menemukan kedua teman kami sedang ngaso. Kami berencana tidak akan menceritakan kejadian nyasar tsb ke kedua teman kami itu. Tapi akhirnya mereka cerita kalo mereka juga nyasar. Dan kami pun cerita.

Huahahhahhahahha. Langsung kami ngakak sepuasnya. Ternyata kedua teman kami nyasarnya lebih parah dari kami. Huhahahahhaa. Pokok nya disitu kami tertawa benar2 puas. Mereka ambil jalan motong yang sama , cuman mereka ambil jalan motong terus turun yang akhirnya tembus ke villa2 dan kembali ke jalan raya yang berada jauh dari posko (pintu masuk). Sedangkan kami tidak terus, kami berbelok mengikuti jalan utama. Hehehehe.