Friday, December 30, 2016

Resolutions vs Reality

Besok kita akan meninggalkan tahun 2016. Tiba masa kita mulai melihat kembali pencapaian yang diraih pada 2016 dan siap merancang resolusi tahun baru, karena harapan baru terbit bersama dengan saat pagi menjelang. 

Mewujudkan resolusi memang tak semudah merencanakannya. Banyak rintangan yang seringkali menghalangi, terutama faktor dari dalam diri sendiri. Untuk itu, butuh strategi khusus yang dapat kita simak sebagai berikut - Resolution versus Reality

1. Evaluasi Resolusi 2016

Langkah pertama ini penting, agar Anda mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam menentukan resolusi pada tahun yang baru. Tujuannya, agar pemicu kegagalan resolusi Anda pada tahun 2016 tidak terulang kembali, sekaligus membuat resolusi Anda terwujud pada tahun 2017!



2. Membuat Resolusi yang Spesifik

Resolusi yang spesifik diperlukan agar pencapaiannya bisa maksimal. Buatlah resolusi spesifik dan ketahuilah dengan baik mengapa Anda menginginkannya terwujud. Jangan lupa juga, tetapkan tujuan, karena kejelasan dalam menentukan tujuan akan membantu Anda senantiasa fokus mewujudkan resolusi. Lebih baik lagi apabila Anda membuat target-target kecil setiap beberapa bulan sekali, yang dapat mempermudah Anda untuk menjalankan resolusi secara stabil. 

3. Komitmen

Setelah melaksanakan langkah-langkah sebelumnya, kini waktunya memiliki komitmen kuat dalam menjalankan berbagai resolusi Anda. Lupakan menunda-nunda menjalankan resolusi, yang pada akhirnya hanya akan membuat Anda semakin malas untuk mulai melakukannya. Anda mungkin akan tergoda dengan berbagai distraksi atau ingin kembali ke zona nyaman kebiasaan lama. Namun, jangan menyerah dan tetap berkomitmen hingga resolusi Anda berhasil terwujud.

4. Dukungan Orang Terdekat

Dukungan dari orang lain atau motivasi sekunder biasanya sangat berpengaruh dalam proses mencapai tujuan. Anda bisa meminta kerabat, sahabat dan kolega dekat menjadi pengawas resolusi Anda. Ungkapkan resolusi dan minta bantuan orang-orang terdekat untuk memotivasi Anda, baik dengan mengingatkan ketika malas atau memuji jika telah mencapai target-target kecil yang telah ditentukan.

5. Catat Keberhasilan

Jika resolusi Anda telah tercapai, maka catat keberhasilan tersebut. Tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah untuk diri sendiri sebagai penghargaan atas upaya Anda dalam mewujudkan resolusi. Jadikan hal ini sebagai motivasi pribadi untuk mewujudkan keinginan atau resolusi lain yang belum tercapai. 

Semoga tips di atas bermanfaat dalam menyambut Tahun 2017 sebagai Tahun Ayam Api. Jangan biarkan resolusi Anda menjadi sekadar wacana yang terbengkalai. Rencanakan, lakukan dan wujudkan resolusi Anda untuk 2017 yang lebih baik, seperti halnya untuk selalu memberikan perlindungan yang terbaik bagi orang-orang yang Anda cintai.

Sumber : AIA
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment