Wednesday, December 7, 2016

Google Photos, Aplikasi Foto Dengan Kapasitas Tanpa Batas

Saat ini gue seneng banget make aplikasi Google Photo, lantaran kita bisa upload ataupun video ke google tanpa takut kehabisan kuota Google Drive kita. Setiap yang kita foto, langsung ter-upload otomastis. Jika ingin backup foto-foto kita seperti pada folder download, screenshot atau yang lainnya yang berada dalam handphone/smartphone kita, kita tinggal pilih opsi pencadagangan.

Dengan adanya fitur tersebut, akhirnya kita bisa melihat foto-foto kita dari berbagai perangkat seperti Smartphone, Tablet maupun PC , baik dengan menggunakan Aplikasi atau melalui browser. Penasaran dengan apa yang di janjikan, saya langsung upload koleksi foto-foto saya dalam jumlah banyak, dan benar... kapasitas google drive saya tidak berkurang sedikitpun. Mantaabs. Perlu diketahui juga bahwa saat ini foto yang diupload melalui Google Photos akan disimpan dalam google cloud dan sudah terintegrasi dengan Google Drive dan Google+, sehingga kita bisa mengakses foto-foto kita melalui dua aplikasi tersebut.

Penyimpanan Gratis tanpa batas dari Google Photo
PC Screenshoot. Penyimpanan Gratis tanpa batas dari Google Photo
Kapasitas google drive
Kapasitas google drive
Tak hanya kapasitas tanpa batas, ternyata google dengan canggihnya juga bisa membuat beberapa modifikasi dari foto-foto yang sudah kita upload secara otomatis dan langsung memberitahukan ke kita dalam bentuk notifikasi by email atau notifikasi langsung dari app google photo jika menggunakan smartphone. Berikut adalah apa saja yang bisa dilakukan secara otomatis :
  1. Membuat Animasi

  2. Ketika itu saya dikagetkan oleh notifikasi, kalau ada animasi yang sudah jadi. Penasaran saya lihat dan ternyata google sudah secara otomatis merangkum beberapa foto anak yang dengan berbagai gaya menjadi sebuah animasi. Lucu juga ngeliat tingkah laku anak jadinya.

    Ada juga yang merupakan extrak dari sebuah video berdurasi singkat.

  3. Membuat Film. Film ini dibuat dalam bentuk mirip slideshow dengan durasi per tampilan fotonya tidak sama. Ada yang cepat dan ada yang lambat.
  4. Membuat Panorama. Dibuat dari beberapa gambar dengan sudut pandang yang berbeda.
  5. Membuat Photo Collage / Kolase
  6. Membuat pengingat suatu peristiwa dalam sebuah photo collage
  7. Membuat Album
Membuat Album bernama Trip to Sadawarna, dan Foto Kolase
Membuat Album bernama Trip to Sadawarna, dan Foto Kolase
Selain otomatis, dengan cara manual kita bisa juga bisa membuat animasi, kolase, album dan album bersama melalui menu Asisten. Selian itu juga ada menu Foto dan Album. Pada Menu 

Ada 3 menu utama pada google photo yaitu :
  1. Asisten
  2. Foto, menampilkan semua foto yang telah terbackup dan atau kita upload, disusun berdasarkan tanggal.
  3. Album. Menampilkan daftar album, baik yang dibuat secara otomatis atau yang kita buat sendiri.
Daftar album yang dibuat oleh Google Photo
Daftar album yang dibuat oleh Google Photo
Untuk mendownload aplikasinya dan melihat lebih banyak fiturnya, bisa melalui Play Store. Sekarang saya selalu upload terlebih dahulu semua foto ke dalam google photo untuk berbagai keperluan termasuk untuk blogging, dan kegiatan Local Guide dimana perlu untuk memasukan foto-foto hasil jepretan kameran ke Google Maps.


Demikian bahasan saya mengenai Google Photos, Aplikasi Foto Dengan Kapasitas Tanpa Batas. Semoga bermanfaat terutama bagi anda yang belum mengetahui dan ingin mencobanya.

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment