Saturday, November 19, 2016

Microsoft Edge Lebih Aman dari Google Chrome

Pagi tadi saya mendapat notifikasi di laptop saya, bahwa Microsoft Edge sebagai browser (peramban) bawaan Windows 10 ternyata lebih aman dari pada Google Chrome. 

Pernyataan tersebut ternyata dikeluarkan oleh NSS Labs. Microsoft Edge lebih baik dalam memblokir situs phishing dan rekayasa sosial malware (SEM) dari pada Mozilla Firefox atau Google Chrome.


Microsoft Edge Notification - more safer than Google Chrome
Notifikasi muncul setelah saya login laptop, dan tentunya membuat saya penasaran. akhirnya saya klik dan buka. Terlihat bahwa Microsift Edge memblok 13% lebih  SEM. Ternyata, notifikasi juga muncul pada icon notifikasi disebelah kanan windows 10.

NSS Labs melakukan dua global tes untuk mengukur seberapa efektif browser yang melindungi terhadap perangkat lunak jahat rekayasa sosial (SEM - Socially Engineered Malware) dan serangan phishing.

Microsoft Edge is safer than Google Chrome

Rekayasa sosial malware (SEM) tetap menjadi salah satu ancaman keamanan yang paling umum yang dihadapi pengguna Internet hari ini, mengklaim sebanyak sepertiga dari pengguna Internet sebagai korban. Serangan ini menimbulkan risiko yang signifikan untuk individu dan organisasi dengan mengancam untuk kompromi, kerusakan, atau mendapatkan informasi pribadi dan perusahaan yang sensitif. Eropa dan Amerika telah semakin menemukan diri mereka target ransomware selama 12 bulan terakhir.

Microsoft Edge is safer than Google Chrome



Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email.

Serangan phishing menimbulkan risiko yang signifikan untuk individu dan organisasi sama, oleh mengancam untuk membahayakan atau memperoleh informasi pribadi dan perusahaan yang sensitif. Tahun 2016, lebih dari 145.000 unik email phishing kampanye dilaporkan setiap bulan, dan situs-situs phishing unik 125.000 terdeteksi setiap bulan — tertinggi pernah tercatat. Serangan phishing menjadi lebih kompleks dan canggih, membuat serangan ini lebih sulit untuk dideteksi dan sulit untuk mencegah.

Microsoft Edge is safer than Google Chrome


Browser yang diuji termasuk: Google Chrome: Versi 53.0.2785, Microsoft Edge 38.14393.0.0
Mozilla Firefox: Versi 48.0.2. Demikian laporan dari NSS Labs.

Laporan NSS Labs tentunya membuat Microsoft merasa bangga atas prestasinya dan membuat pernyataan dalam sebuah halaman tersendiri, bisa cek disini.

Selain Lebih Aman pada Google Chrome, Microsoft Edge juga menyatakan bahwa :

1. Microsoft Edge lebih cepat dari pada Chrome dan Firefox


Microsoft Edge is Faster


2.  Microsoft Edge lebih tahan lama dalam hal penggunaan baterai. 


Microsoft Edge is better for battery life


Setelah mengetahui hal ini, tentunya saya ingin mencoba Microsoft Edge yang tadinya jarang saya gunakan, karena pada laptop saya... ternyata Edge lebih banyak memakan memori dari pada Chrome. Kasihan ni laptop soalnya RAM nya ga ditambah, tapi dipaksa pake Windows 10 yang udah ketawan lebih banyak makan memory dari pada windows pendahulunya. Males downgrade, udah terlanjur cinta ama ni windows 10. Tapi alhamdulillah sejauh ini masih mumpuni untuk bekerja baik dengan jumlah task yang cukup banyak.

Pertimbangan saya kali ini adalah demi keamanan dan abaikan saja dulu memory yang boros 😁. Saya akan memilih penggunaan Edge hanya untuk Social Media atau membaca berita atau hanya sekedar browsing. Tapi kalau untuk aplikasi produk Google, sementara ini saya masih memilih Chrome aja deh 😉.

Lantas bagaimana dengan anda? apakah ingin mencoba beralih juga ke Microsoft Edge. Silahkan mencoba dan rasakan sendiri bahwa Microsoft Edge Lebih Aman dari Goolgle Chrome.

Semoga bermanfaat.
Jangan lupa share ya.. 
  • Share:

3 comments:

  1. Sudah betah di chrome gan. kalo edge tuh lemot sering ng-lag gtu...

    ReplyDelete
  2. belum pernah coba pake sih gan

    ReplyDelete
  3. Ane pake Edge menjak dia lahir. Mantap banget.

    ReplyDelete