Thursday, October 8, 2015

Menikmati Keindahan Candi-Candi di Jawa Melalui Google Street View

Google Street View adalah salah satu feature dari Google Maps dan Google Earth untuk melihat secara virtual objek di perkotaan dengan sudut pandang 360 derajat. Namun seiring perkembangan, banyak sudah lokasi wisata lainnya di dunia yang bisa dilihat secara virtual. Nah saat ini kita juga sudah bisa menikmati keindahan 11 Candi yang ada di Jawa secara virtual melalui google street view ini.


Berikut adalah daftar ke-11 Candi Tersebut beserta lokasinya :
  1. Candi Borobudur, terletak di Magelang, Jawa Tengah. 
  2. Candi Barong, terletak di sebelah tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman, tepatnya di atas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  3. Candi Ijo, terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  4. Candi Kalasan, terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya sekitar 16 km ke arah timur dari kota Yogyakarta.
  5. Candi Mendut, di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta
  6. Candi Pawon, terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah (antara Candi Mendut dan Candi Borobudur)
  7. Candi Prambanan, terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo
  8. Candi Ratu Boko, terletak sekitar 19 kilometer ke arah timur dari Kota Yogyakarta (menuju ke arah Wonosari) dan 2 kilometer dari Candi Prambanan ke arah selatan.
  9. Candi Sambisari, terletak di Dusun Sambisari , Desa Purwomartani , Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman , Yogyakarta . Lokasinya sekitar 10 Km dari Yogyakarta , atau sekitar 5 Km di sebelah barat Candi Prambanan
  10. Candi Sari, terletak sekitar 10 Km dari pusat Yogyakarta, hanya sekitar 3 km dari Candi Kalasan. Tepatnya candi ini berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  11. Candi Sewu, terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (800 meter sebelah utara Candi Prambanan).
Teknologi Street View memungkinkan pengguna internet mengeksplorasi pemandangan candi-candi tersebut secara daring (online). Inisiatif ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menjadi sarana edukasi tentang situs-situs warisan budaya itu.

Teknologi Street View milik Google memungkinkan pengguna internet melihat panorama 360 derajat suatu tempat. Teknologi ini bisa dimanfaatkan oleh warga atau wisatawan untuk melihat tempat yang akan mereka tuju, menentukan panduan mengemudi, atau untuk mengenal suatu kota dengan lebih dalam. Di Indonesia, Google meluncurkan gambar Street View pertama kali pada 2014.

Selain 11 candi tersebut, ada sejumlah tempat di Indonesia yang bisa dieksplorasi dengan Street View, misalnya Museum Nasional, situs Manusia Purba Sangiran, serta sejumlah pantai dan tempat wisata.

Source : National Geographic Indonesia, Wikipedia
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment