Tuesday, February 14, 2023

Jadwal Race dan Daftar Sirkuit MotoGP 2023

Tak terasa tahun sudah berganti, sebentar lagi musim MotoGP 2023 akan segera di mulai, walaupun saat ini sedang dilakukan test pra-musim. Banyak rider yang berpindah tim dan ada 2 Sirkuit baru sebagai pengganti Sirkuit lama dengan total Sirkuit saat ini adalah 21. 

Berikut adalah Jadwal dan Daftar Sirkuit MotoGP musim 2023


1. 26-Mar , Autodromo Internacional do Algarve (Portugal)

Terletak di lingkungan yang indah di Algarve Portugal, Autodromo Internacional do Algarve berkapasitas 100.000 – lebih dikenal dengan bahasa sehari-hari sebagai Portimao, setelah kota pelabuhan yang terletak setengah jam di luar – dibuka pada tanggal 2 November 2008. Sirkuit ini diresmikan oleh WorldSBK ketika mereka menuju ke Portugal untuk putaran terakhir musim itu – tapi itu bukan hanya arena pacuan kuda. 

Algarve Motorsports Park adalah kompleks canggih yang menawarkan arena pacuan kuda yang menakjubkan, trek go-kart, taman off-road, hotel, kompleks apartemen, taman teknologi, dan kompleks olahraga - benar-benar lutut lebah. Dalam hal tata letak sirkuit sebenarnya, Autodromo Internacional do Algarve memiliki 15 tikungan – sembilan kanan, enam kiri. Gelombang di Portimao luar biasa dan jalur lurus depan akan memungkinkan pengendara MotoGP untuk benar-benar meregangkan kaki mesin mereka, sebelum menuruni bukit yang unik menuju Tikungan 1.

2. 02-Apr, Termas de Rio Hondo (Argentina)

Sirkuit Termas de Río Hondo terletak 6 km dari kota asal nama tempat tersebut, di Provinsi Santiago del Estero. Dibangun di atas lahan seluas 150 hektar dan diresmikan pada 11 Mei 2008, saat kunjungan kejuaraan Touring Car Racing Argentina. Pada tahun 2012, rekondisi, perluasan, dan modernisasi sirkuit dimulai, dengan tujuan mengubahnya menjadi sirkuit paling modern, aman, dan dinamis di Amerika Latin.

3. 16-Apr, Circuit of The Americas (USA)

Circuit of the Americas (COTA) adalah trek balap motor kelas 1 spesifikasi FIA sepanjang 3,426 mil (5,514 km) dan fasilitas yang terletak di dalam yurisdiksi ekstrateritorial Austin, Texas, di Amerika Serikat. Fasilitas ini adalah rumah bagi Grand Prix Formula Satu Amerika Serikat, Grand Prix Texas NASCAR, dan Grand Prix Sepeda Motor Amerika, putaran di MotoGP. Ini sebelumnya menjadi tuan rumah Supercar V8 Australia, Kejuaraan Rallycross Amerika, Seri Le Mans Amerika, Seri Mobil Sport Rolex, Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA, Kejuaraan Mobil Olahraga WeatherTech IMSA dan IndyCar Klasik.

Sirkuit dan Grand Prix pertama kali diusulkan pada pertengahan tahun 2010. Sirkuit tersebut adalah yang pertama di Amerika Serikat yang dibangun khusus untuk Formula Satu. Tata letaknya disusun oleh promotor Tavo Hellmund dan Juara Dunia Sepeda Motor 1993 Kevin Schwantz dengan bantuan arsitek dan perancang sirkuit Jerman Hermann Tilke, yang juga merancang Sepang, Shanghai, Yas Marina, Istanbul, Bahrain, Yeongam, dan Buddh sirkuit, serta pembuatan profil ulang Hockenheimring dan Fuji Speedway.

4. 30-Apr, Circuito de Jerez - Angel Nieto (Spanyol)

Dibangun pada tahun 1986 dan menjadi tuan rumah Grand Prix pertamanya satu tahun kemudian, sirkuit Jerez sekarang menjadi salah satu tempat MotoGP paling populer dan titik fokus bagi kota yang fanatik dengan olahraga. Terletak di sebuah lembah kecil di selatan Spanyol, Jerez diberkahi dengan cuaca yang baik secara konsisten dan pemandangan yang indah, banyak tribunnya menyediakan fasilitas tontonan yang sempurna hingga 250.000 penonton.

Dengan dua sirkuit jalan raya alternatif (4.423m dan 4.428m), yang dilapis ulang pada tahun 2005, Jerez adalah tempat populer yang digunakan oleh banyak tim balap untuk pengujian sepanjang tahun, sementara fasilitas perusahaan dan media yang diperbarui baru-baru ini terbukti menjadi tambahan yang populer. ke kompleks. Fasilitas lain seperti menara kontrol dan pit box juga telah jauh lebih baik.

5. 14-May, Le Mans (Prancis)

Dibangun pada tahun 1965 di sekitar lintasan 24 Jam yang ada, sirkuit balap Le Mans Bugatti Grand Prix terletak 5 km selatan kota Le Mans dan 200 km barat daya Paris. Tempat tersebut telah menjadi tuan rumah Grand Prix sejak akhir tahun enam puluhan tetapi kecelakaan serius yang menimpa pembalap Spanyol Alberto Puig pada tahun 1995 membuatnya keluar dari kalender hingga tahun 2000 sementara peningkatan keamanan yang ketat dilakukan.

Le Mans adalah trek sempit yang didominasi oleh tikungan gigi pertama yang menekankan pada pengereman terlambat dan akselerasi keras, sementara traksi bagian belakang juga menjadi area utama. Dengan kapasitas yang nyaman untuk menampung hingga 100.000 penonton, sirkuit Bugatti juga menjadi tuan rumah balapan truk 24 jam, FIA GP2 Championship, French Touring Car, dan balapan GT.

6. 11-Jun, Autodromo Internazionale del Mugello (Italy)

Terletak 30 km timur laut Florence di pedesaan Tuscany yang indah, Mugello adalah sirkuit modern dengan fasilitas yang sangat baik. Dibeli oleh Ferrari pada tahun 1988, trek sepanjang 5,245 km ini telah direnovasi dengan standar tinggi dan memiliki reputasi yang berkembang sebagai salah satu sirkuit balap paling mutakhir, indah, dan teraman di dunia.

Perpaduan belokan lambat dan cepat dengan tikungan tajam, trek lurus panjang, dan tikungan off-camber menjadikan Mugello salah satu sirkuit paling menantang bagi para pembalap dan teknisi. Setelah menjadi tuan rumah acara MotoGP pertama pada tahun 1976, tempat tersebut menjadi perlengkapan permanen pada tahun 1991 setelah perbaikan besar-besaran. Terletak di dalam lembah Tuscan dengan barisan pohon yang indah, Mugello juga menawarkan area pemandangan yang luas untuk kerumunan orang Italia yang riuh dan partisan.

7. 18-Jun, Sachsenring (Jerman)

Balap mobil dan sepeda telah diadakan di jalan umum tertutup di daerah sekitar kota Chemnitz, Jerman sejak tahun 1920-an dan masih berlangsung hingga tahun 1990. Namun, diputuskan bahwa jalur lima mil melalui jalan yang padat daerah berpenduduk tidak lagi cocok dan sirkuit baru dibangun lima mil sebelah barat Chemnitz pada tahun 1996. 

Meskipun terutama digunakan sebagai pusat pelatihan pengemudi dan stasiun keselamatan transportasi jalan raya, Sachsenring pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1998 dan banyak perbaikan telah dilakukan sejak saat itu, termasuk peningkatan tata letak yang drastis pada tahun 2001. Banyak tikungan tajam menjadikannya salah satu trek yang lebih lambat di kalender, tetapi tidak pernah ada kekurangan aksi balapan jarak dekat.

8. 25-Jun, TT Circuit Assen (Belanda)

Assen adalah satu-satunya tempat yang mengadakan putaran Kejuaraan Dunia Sepeda Motor setiap tahun sejak didirikan pada tahun 1949. Sirkuit ini sengaja dibangun untuk TT Belanda pada tahun 1955, dengan acara sebelumnya diadakan di jalan umum. Lintasan sempit, dengan perubahan arah yang cepat, dan sepenuhnya dikelilingi oleh tepian rumput dan tribun, memberikan pemandangan yang luar biasa bagi ratusan ribu penonton fanatik yang tertarik ke acara paling bergengsi di motorsport Belanda setiap tahun. Favorit para pengendara, Assen terkenal dengan suasananya yang meriah dan mewah.

Pada tahun 1999 sirkuit ini dimodifikasi dengan tribun baru, menara kontrol, pusat pers, dan boks yang direnovasi. Modifikasi ke sirkuit Assen selama musim dingin 2005/6 melihat panjang lintasan servis terpanjang kejuaraan dipotong dari lebih dari 6 km menjadi 4,555 km/2,83 mil.

9. 09-Jul, Sokol International Racetrack (Kazakhtan)

Merupakan sirkuit baru MotoGP musim 2023. Lintasan Balap Internasional Sokol (juga dikenal sebagai Sirkuit Sokol - Kazakh: Lintasan balap internasional Sokol adalah lintasan balap mobil sepanjang 76 km (47 mil ) barat laut Almaty, Kazakstan. Sirkuit sepanjang 4.495 km (2.793 mi) ini dirancang oleh Hermann Tilke dan dipasarkan sebagai trek FIA Grade 2.

Pada bulan Juli 2012, pengusaha Kazakh Alijan Ibragimov mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas olahraga motor senilai US$40 juta (KZ₸19 miliar) di pinggiran Almaty, kota terbesar di Kazakstan, dengan konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada bulan September. RacingLoop didatangkan sebagai konsultan dan Hermann Tilke ditugasi merancang sirkuit yang dimaksudkan untuk menarik MotoGP dan Deutsche Tourenwagen Masters, namun landasan tidak rusak hingga 2014.

Pada tahun 2016, trek go-kart dan jalur drag telah dibuka dengan kehadiran Jorge Lorenzo, karena konstruksi sirkuit sedang berjalan dengan baik. Konstruksi telah berkembang sejauh instalasi elektronik dan waktu pada awal 2019 sebelum terhenti karena masalah politik.

Pada 27 September 2022, diumumkan bahwa sirkuit tersebut akan menjadi tuan rumah Grand Prix sepeda motor Kazakhstan hingga setidaknya 2028 dimulai pada 2023.

10. 06-Aug, Silverstone Circuit (Inggris)

Dengan sejarah lebih dari 60 tahun, Silverstone telah menjadi salah satu tempat paling bergengsi yang didedikasikan untuk olahraga motor. Benar-benar dirubah dalam beberapa tahun terakhir, investasi jutaan pound melihat penyelesaian pada tahun 2010 dari tahap pertama pekerjaan untuk memperbaiki venue, menjadikannya salah satu trek tercepat di kalender MotoGP dan mendapatkan pujian tinggi dari para pembalap Kejuaraan Dunia karena sangat yang menikmati tata letak barunya.

'Silverstone Wing', kompleks bernilai jutaan pound yang canggih, menjadi tengara baru di sirkuit sejak 2011, sehingga menambah fasilitas yang sudah menakjubkan di Silverstone.

11. 20-Aug, Red Bull Ring - Spielberg (Austria)

Red Bull Ring di Spielberg terletak dengan indah di wilayah Murtal di Styria, Austria. Sirkuit ini awalnya dibangun pada tahun 1969, yang kemudian dikenal sebagai Österreichring. Pada tahun 1996, dibangun kembali dengan tata letak trek yang masih ada hingga saat ini dan pada tahun 2011 dibuka kembali sebagai Red Bull Ring dan kembali menjadi pusat olahraga motor Austria. 

Medan landai dan arena alam merupakan ciri khas Red Bull Ring dengan tengara setinggi 18 meter "Bull of Spielberg" di tengahnya dan sayap voestalpine menawarkan sorotan arsitektural yang spektakuler. Dengan panjang 4,318 km ini memiliki 10 belokan dan perbedaan ketinggian 65 meter. Musim 2016 melihat Red Bull Ring menjadi tuan rumah balapan MotoGP ™ pertama saat Kejuaraan Dunia kembali ke Austria untuk pertama kalinya sejak 1997.

12. 03-Sep, Circuit de Barcelona - Catalunya (Catalunya)

Pada tahun 1989, melalui kolaborasi bersama Pemerintah Otonomi Catalunya, Dewan Kota Montmeló, dan Royal Automobile Club of Catalunya (RACC), pekerjaan dimulai untuk memberikan salah satu kota terindah di Eropa trek balap yang canggih untuk dicocokkan. Circuit de Catalunya dibuka di depan pintu Barcelona pada September 1991 dan menyambut acara internasional pertamanya di bulan yang sama, menjadi tuan rumah Grand Prix F1 Spanyol. Itu kemudian menjadi tuan rumah Grand Prix Sepeda Motor Eropa dan pada tahun 1995 menjadi rumah bagi Gran Premio de Catalunya. Dianggap sebagai salah satu sirkuit dengan desain terbaik di era baru-baru ini, Circuito de Catalunya memenangkan trofi 'Grand Prix Terbaik' IRTA yang sangat didambakan untuk tahun 2001 dan memiliki kapasitas penerimaan umum 104.000 penonton.

13. 10-Sep, Misano World Circuit Marco Simoncelli (Italy)



Dekat dengan kota Rimini, sirkuit Misano Adriático dibangun pada tahun 1972 dan telah mengalami serangkaian modifikasi. Adegan reguler untuk Grand Prix Italia sepanjang tahun 80-an dan awal 90-an, Misano kembali ke kalender MotoGP pada tahun 2007. Dengan fasilitas, lintasan, dan tribun yang diperbarui, Misano Adriatico memiliki kapasitas maksimum 60.000 penonton. Sesuai dengan peraturan keselamatan MotoGP, lintasan sepanjang 4.200m berjalan searah jarum jam untuk balapan Kejuaraan Dunia.

14. 24-Sep, Budh International Circuit (India)

Juga merupakan salah satu Sirkui baru untuk MotoGP 2023. Sirkuit Internasional Buddh (Hindi: बुद्ध अंतरराष्ट्रीय परिपथ) adalah sirkuit balap motor India yang terletak di Kawasan Ibu Kota Nasional di Greater Noida, Uttar Pradesh. Lintasan ini memiliki nama yang sama dengan Buddha Gautama, seperti halnya distrik tempat lintasan tersebut berada.

Lagu tersebut secara resmi diresmikan pada 18 Oktober 2011. Sirkuit sepanjang 5.125 km (3.185 mil) ini dirancang oleh desainer trek balap Jerman Hermann Tilke.

Sirkuit ini paling dikenal sebagai tempat penyelenggaraan tahunan Grand Prix Formula Satu India, yang pertama kali diselenggarakan pada Oktober 2011. Namun, Grand Prix ditangguhkan pada tahun 2014 dan kemudian dibatalkan karena sengketa pajak dengan Pemerintah Uttar Pradesh selama pemerintahan Akhilesh Yadav.

15. 01-Oct, Mobility Resort Motegi (Jepang)

Terletak di antara keindahan alam yang luas di distrik Kanto utara, sirkuit cincin kembar di Motegi di Jepang terdiri dari lintasan oval sepanjang 1,5 mil dan lintasan jalan sepanjang 2,9 mil yang dibangun dengan standar internasional. Dibangun oleh Honda sebagai fasilitas uji pamungkas pada Agustus 1997, sirkuit jalan raya ini menjadi rumah bagi MotoGP pada 1999 sementara oval dirancang untuk memperkenalkan budaya olahraga motor Amerika ke negara tersebut.

16. 15-Oct, Mandalika International Street Circuit (Indonesia)

Sirkuit Internasional Mandalika (dikenal sebagai Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika untuk tujuan komersial) terletak di kawasan resor Mandalika di pulau Lombok, bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia (NTB). Sirkuit dibuka dengan menjadi tuan rumah putaran Piala Bakat Asia dan Kejuaraan Dunia Superbike pada akhir 2021, diikuti dengan balapan motor Grand Prix pada 2022.

Proyek kluster olahraga dan hiburan seluas 120 hektar itu diharapkan mencakup pembangunan hotel dan fasilitas lainnya. Sebagai trek balap yang sengaja dibangun dengan area run-off yang luas, diklaim sebagai sirkuit jalan raya karena suku cadang dapat digunakan di masa mendatang, memungkinkan akses lalu lintas normal ke fasilitas resor baru.

Sebagai bagian dari pemeliharaan konservasi, vegetasi yang menjadi latar belakang kawasan Mandalika Resort akan disisihkan sebagai kawasan konservasi seluas lebih dari 3.000 hektar. Area dengan banyak spesies asli ini hanya dapat diakses untuk aktivitas berdampak rendah, seperti bersepeda atau hiking untuk meminimalkan kerusakan flora dan fauna.

17. 22-Oct, Philip Island (Autralia)

Phillip Island, rumah gaya sendiri dari motorsport Australia, kaya akan tradisi balap motor, dengan balapan mobil pertama diadakan di sana di jalan umum pada tahun 1920-an. Balapan sepeda motor pertama berlangsung pada tahun 1931 dan trek permanen dibangun pada tahun 1956. Sirkuit tersebut mengalami kerusakan pada akhir tahun 70an dan awal 80an hingga dibeli pada tahun 1985 dan diberi facelift senilai AUS $5 juta. MotoGP kembali pada tahun 1989 dan 1990 sebelum menjadi perlengkapan reguler sekali lagi dari tahun 1997 dan seterusnya.

Sirkuit Phillip Island diberkahi dengan pemandangan yang menakjubkan dan pemandangan laut yang indah dan, sebagai salah satu trek tercepat, paling lancar, di kalender, terus memberikan beberapa balapan paling spektakuler di musim MotoGP.

18. 29-Oct, Chang International Circuit (Thailand)

Dirancang oleh arsitek Jerman Hermann Tilke, Sirkuit Internasional Buriram dibuka pada tahun 2014 dan akan menjadi ajang debut perdana MotoGP musim ini. Terletak sekitar 410km timur laut dari ibu kota negara Bangkok, kota Buriram di provinsi Buriram secara harfiah diterjemahkan menjadi "kota kebahagiaan", dan cuacanya yang biasanya panas dan lembab adalah ciri utama dari lokasinya di Asia Tenggara.

Tata letak sepanjang 4,554km menggabungkan 12 belokan dan telah menyaksikan Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike di tempat tersebut sejak 2015. Fasilitasnya yang canggih, termasuk kapasitas total untuk 100.000 orang dengan berbagai tribun di sekitar sirkuit memberikan kesempatan menonton yang luar biasa untuk penonton.

19. 12-Nov, Sepang International Circuit (Malaysia)

Dibangun khusus untuk kecepatan dan balapan yang mengasyikkan, Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kompleks seluas 2.300 acre yang juga menampung hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan fasilitas olahraga lainnya menelan biaya pembangunan sekitar £50 juta dan dibangun hanya dalam waktu 14 bulan, menggelar Grand Prix pertamanya pada April 1999 dan menetapkan standar untuk sirkuit balap di seluruh dunia.

Dengan empat tikungan lambat mengikuti dua tikungan lurus panjang dan sepuluh tikungan kecepatan sedang hingga tinggi, trek lebar sangat cocok untuk manuver menyalip dan banyak throttle terbuka. Salah satu lap terpanjang di MotoGP menjadi semakin melelahkan bagi para pembalap karena panas dan kelembapan yang tinggi. Sepang terletak sekitar 50km selatan kota Kuala Lumpur.

20. 19-Nov, Lusail International Circuit (Qatar)

Sirkuit Internasional Lusail yang luar biasa terletak di pinggiran Doha, ibu kota Qatar. Dibangun dalam waktu kurang lebih satu tahun, trek ini menelan biaya $58 juta USD dan membutuhkan dedikasi sepanjang waktu dari hampir 1.000 pekerja untuk menyiapkannya untuk acara perdana - Grand Prix Marlboro Qatar pada tanggal 2 Oktober 2004.

Lintasan itu sendiri adalah tata letak yang mengalir sepanjang 5,4 kilometer, dikelilingi oleh rumput buatan yang dirancang untuk mencegah pasir dari gurun tetangga bertiup ke sirkuit. Jalan lurus utama memiliki panjang lebih dari satu kilometer dan ada perpaduan yang bagus antara tikungan sedang dan kecepatan tinggi, termasuk beberapa tikungan cepat ke kiri yang terbukti sangat populer di kalangan pengendara.

Pada tahun 2008 Qatar merayakan Grand Prix malam pertama dalam sejarah, setelah pembangunan pencahayaan luar ruangan permanen. Peralihan ke balapan malam hari sukses dan terus berlanjut, dengan acara Qatar sekarang ditetapkan sebagai salah satu yang paling spektakuler di kalender MotoGP.

21. 26-Nov, Circuit Ricardo Tormo (Valencia)

Circuito de la Comunitat Valenciana selesai pada tahun 1999 dan mengadakan putaran Kejuaraan Sepeda Motor MotoGP dan Spanyol di tahun yang sama. Lintasan Cheste memiliki beberapa tata letak, berjalan berlawanan arah jarum jam dengan panjang yang bervariasi. Acara MotoGP diadakan di lintasan sepanjang 4 km yang terdiri dari lima tikungan kanan, delapan tikungan kiri, dan lintasan lurus sepanjang 876m. Meski lintasannya dianggap cukup kecil, kompleks pit berisi 48 garasi sementara tribun bergaya stadion dapat menampung hingga 150.000 penonton. Tata letak sirkuit yang memungkinkan semua bagian sirkuit untuk dilihat dari tribun mana pun membantu menciptakan suasana unik yang dinikmati oleh pembalap Spanyol dan internasional dan sebagai balapan terakhir musim ini selalu ada perasaan pesta di Grand Prix, yang mana terpilih sebagai GP terbaik tahun 2005 oleh IRTA.

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment