Sunday, June 21, 2020

Cara Mengatasi Battery Tidak Bisa Terisi Full 100%


Hai Sobat semua, kali ini saya dihadapkan dengan masalah battery laptop yang tidak bisa mengisi full 100%. Saya pikir ini masalah hanya koneksi / sokect battery yang kurang bagus. Tapi ternyata setelah battery dilepas, dibersihkan koneksinya dan di pasang kembali, hasilnya tetap sama saja.

Pada gambar dibawah ini, terlihat bahwa Battery dalah keadaan charging tapi hanya mentok di 35%.


Saya melepas charger, terlihat pada gambar di bawah bahwa terjadi penurunan presentase battery.


Karena masih belum berhasil akhirnya saya browsing dan mendapatkan beberapa solusi sebagai berikut :

1. Menekan tombol power selama 15 deitk dengan kondisi battery terlepas > pasang kembali battery > hidupkan laptop --> saya praktekkan tapi ternyata tidak berhasil.

2. Meng-unistall driver Battery dengan cara masuk ke Device Manager > unistall kedua driver > shutdown > lepas battery > pasang kembali > hidupkan laptop (setelah masuk window, terlihat driver battery kembali ter-install.



Saya praktikan tahapan ini, tapi belum berhasil. Battery menunjukkan adanya pengisian seperti pada gambar dibawah ini, tapi hanya mengisi sebentar, pengisian masih mentok pada 35%.



3. Menekan tombol power selama 30 detik dengan kondisi battery terlepas > pasang kembali battery > hidupkan laptop --> saya praktekkan tapi ternyata masih tidak berhasil.

Solusi langkah 1 dan 3 adalah untuk menguras sisa power yang masih tersisa di dalam laptop. 
Setelah semua solusi diatas tidak berhasil akhirnya saya memutuskan untuk melakukan langkah sbb : 

Unistall driver battery > shutdown > lepas battery > tekan power selama 30 detik > pasang kembali battery > charge battery sampai full (dalam keadaan laptop mati)

Setelah menunggu sekitar 2 jam lebih atau sampai kira-kira battery sudah full 100%, saya hidupkan kembali laptop. Alhamdulillah, akhirnya berhasil juga. Battery menunjukkan 100% fully charged.


Tapi saya penasaran apakah setelah dipakai sampai lowbat battery bisa kembali terisi full? Akhirnya, saya test diamkan laptop dari 100% sampai benar-benar habis sampai batas limit (sleep) . Kemudian laptop mati dan saya hidupkan kembali. Alhamdulillah, laptop sudah normal kembali, akhirnya bisa mengisi sampai full 100%.


Demikian pengalaman saya dalam Mengatasi Masalah Battery Laptop yang tidak bisa terisi full 100%. Semoga bermanfaat.
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment