Thursday, July 14, 2016

Memberi = Menerima

Tulisan ini saya angkat dari share pada sebuat grup di WA saya. Isinya dapat mengingatkan kita agar kelak kita bisa berbuat seperti apa yang ada pada cerita ini dalam hal kebaikan. Baik, mari kita lanjut ke ceritanya saja seperti di bawah ini.


Ada seorang ayah yang mempunyai 3 orang anak dengan harta sebanyak : "19 ekor kerbau". Ketika mendekati ajalnya, sang Ayah membagikan warisan kepada ke tiga anaknya dengan pesan : 
- 1/2 utk anak pertama, 
- 1/4 utk anak kedua, 
- 1/5 utk anak ketiga. 

Setelah sang ayah meninggal dunia, ketiga anaknya membagikan kerbau sesuai pesan ayah mereka. Tapi mereka menemukan kesulitan dan keganjilan :
- 1/2 x 19 = 9,5 ekor 
- 1/4 x 19 = 4,75 ekor 
- 1/5 x 19 = 3,8 ekor 

Bahwa masing-masing mereka akan mendapatkan bagian kerbau yang tidak utuh dan masing-masing anak TIDAK MAU mengalah Semua berusaha mendapatkan bagian secara utuh karena harta peninggalan sang ayah berjumlah 19 ekor kerbau.

Kabar tentang pertengkaran mereka terdengar oleh seorang bapak miskin yang hanya mempunyai 1 ekor kerbau. Karena prihatin dengan hal tersebut, akhirnya sang bapak menemui mereka,  dan bersedia dengan ikhlas memberikan kerbau nya supaya masing-masing anak mendapat bagian yang utuh, sehingga jumlah kerbau menjadi : 
19+1=20 EKOR 

Anak-anak itu setuju dan mereka mulai membagi : 
- Anak pertama mendapat : 1/2 x 20 = 10 ekor  
- Anak yang kedua mendapat bagian : 1/4 x 20 = 5 ekor  
- Anak yang ketiga mendapat bagian : 1/5 x 20 = 4 ekor. 

Demikianlah masing-masing anak mendapatkan bagian yang utuh. Dan totalnya ternyata : 
10+5+4=19.             
AJAIB KAN ? 

Akhirnya tersisa 1 ekor yang diberikan kembali pada bapak miskin yang bijak tadi. Percayalah jika kita memberi dengan ikhlas untuk menjadi bagian dari solusi, ternyata kita TIDAK KEHILANGAN sesuatu apapun, malah memberi manfaat bagi sesama karena Allah lah yang akan menggantikan semua itu. Seperti dalam kasus ini walaupun sebenarnya sang bapak yang miskin tidak mengharap kerbaunya kembali, karena ia telah ikhlas menjadi bagian dari solusi itu ...............!!! 

PESAN MORAL : 
Memberi, tidak berarti akan mengurangi harta kita punya walau sepeserpun. 

Semoga tulisan tentang Memberi sama dengan Menerima ini bermanfaat. 

PS : bantu share ya. Thanks

  • Share:

0 komentar:

Post a Comment