Tuesday, January 14, 2020

5 Kesalahan Penggunaan Smartphone

Saat ini ponsel terutama smartphone sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, sampai-sampai tidur pun ditemani smartphone. Sedangkan hal tersebut ternyata tidak baik bagi kita. Seperti dilansir dari Detik yang berasal dari laman Bright Side, ternyata ada 5 kesalahan umum yang tidak kita sadari dalam penggunaan smartphone.

1. Cahaya Biru

Menurut penelitian, cahaya biru pada layar ponsel akan menekan hormon melatonin pada otak manusia. Melatonin berfungsi untuk mengatur siklus malam dan siang atau siklus bangun dan tidur. Bila terlalu banyak terkena paparan cahaya biru pada malam hari maka dapat mengakibatkan beberapa hal yaitu :
  • mundurnya jadwal tidur seseorang, 
  • menyebabkan susah tidur, 
  • insomnia, atau tidur yang tidak nyenyak.
Belum lagi sinar biru dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah mata. Untuk itu disarankan untuk megatur atur night mode pada saat menggunakan ponsel untuk mengurangi pendaran cahaya biru pada layar.

Efek Cahaya Biru dapat merusak mata
Image by : Bright Side

2. Dibawa Tidur

Beragam alasan mengapa banyak orang membawa ponsel saat tidur, salah satunya adalah digunakan sebagai alarm untuk membangunkan kita di pagi hari.

Perlu diketahui ponsel pada dasarnya merupakan sebuah pemancar dan penerima elektromagnetik. Kendati belum terbukti, peneliti terus melakukan riset pengaruh gelombang radio smartphone dapat mempengaruhi otak manusia setelah terpapar seharian. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Bila pun dibutuhkan untuk fungsi alarm, disarankan untuk mengatur smartphone ke mode pesawat. Sehingga tidak terpapar gelombang radio, dan kamu pun tidak terjaga gara-gara adanya notifikasi dari aplikasi yang berjalan.

Ponsel di bawa tidur
Image by : Bright Side

3. Sinyal Rendah

Sinyal yang rendah biasanya kadang terjadi ketika kita berada di basement, lift atau di ruangan yang cukup tinggi. Saat kondisi ini terjadi, ponsel mengerahkan sumber daya yang lebih besar untuk menangkap sinyal, akibatnya suhu ponsel meningkat.

Seperti saran dari penulis Disconnect: The Truth About Radiation Cell phone, Devra Davis, saat kondisi lemah sinyal (sinyal rendah) sebaiknya tidak menggunakan ponsel bila tidak begitu penting. Jika telpon makin panas akan membahayakan pengguna.

Sinyal Rendah Ponsel
Image by :  Bright Side

4. Postur Tubuh

Menggunakan ponsel bisa mengakibatkan cedera pada tubuh. Fakta menunjukkan menggunakan ponsel menyebabkan cedera pada ibu jari, salah satunya Tenosinovitis.

Selain itu cedera yang disebut Text Neck, ini akibat kepala terlalu menekuk leher ke depan saat melihat layar ponsel. Ini membuat tekanan pada tulang belakang di leher semakin meningkat secara bertahap.

Dan seiring waktu, berat yang dirasakan mungkin lima kali lebih banyak dari perat kepala kamu sebenarnya. Kondisi ini akan membuat nyeri pada leher atau kelainan postur.

Disarankan pegang smartphone setinggi mata. Jaga leher selurus mungkin.

Cidera Text Neck
Image by :  Bright Side

5. Kurangi Kontak dengan Kulit

Ada beberapa penelitian yang menghubungkan antara ponsel dan kanker kulit. Salah satu yang dibahas transmisi 900 MHz yang kerap membuat ponsel jadi panas, di satu sisi kulit manusia mudah sekali menyerap panas sekecil apapun.

Sejauh ini memang belum ada bukti hubungan antar ponsel dan kanker kulit. Tapi fakta menunjukkan rasio penyerapan menurun secara dramatis ketika seseorang menjaga jarak antara dirinya dan ponsel.

Salah satu pencegahan untuk mengurangi kontak langsung kulit dengan ponsel adalah penggunaan headset atau speaker ketika mengangkat telepon.

Pengaruh frequensi ponsel terhadap kulit
Image by : Bright Side

Demikian 5 Kesalahan Penggunaan Smartphone. Semoga bermanfaat

Sumber : Detik
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment