Wednesday, September 12, 2018

Submit Url via Site Map Google Search Console

Dulu, jika webmaster ingin daftarkan website yang baru dibuat, akan gunakan fitur Add URL atau Submit URL Google yang alamat nya disini: https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html. Kalau URL itu diklik, akan tampil seperti dibawah ini. Cukup memasukkan alamat website nya dan centang verifikasi anti spam dan submit.



Tapi saat ini jika kami meng-klik url diatas.. maka akan tampil seperti di bawah ini.


Google memberikan fitur "Submit URL" untuk semua penggunanya dengan tujuan mengaktifkan pengindeksan situs website dan URL yang lebih cepat ke indeks pencariannya. Dengan kata lain bertujuan agar website/artikel yang baru dibuat bisa muncul di Google Search.

Fitur "Submit URL" secara luas digunakan oleh web designer, blogger, webmaster, dan pakar SEO. Begitupula pengguna yang awam akan mudah menemukan dan menggunakan fitur itu dengan cepat dan menghemat waktu.

Kini Google Sarankan Gunakan Fitur Google Search Console

Hasil pencarian dengan kata kunci "submit URL Google" saat ini menempatkan website Google Search Console di posisi nomor satu. Ya, karena fasilitas itulah (Google Search Console) yang saat ini uptodate digunakan untuk mendaftarkan website di Google Search.

Alat Submit URL versi lama sudah dimatikan atau dihilangkan oleh Google yang resmi diumumkan melalui akun twitter nya @googlewmc pada 25 Juli 2018. Google Webmasters bilang: "We've had to drop the public submission feature, but we continue to welcome your submissions using the usual tool in Search Console and through sitemaps directly." Dilanjutkan dengan: "Want to let us know about new or updated pages quickly? Use Search Console's Fetch & Submit for individual pages, or just have your CMS tell us directly with a sitemap file or feed."

Fitur alat Submit URL diluncurkan ke pencarian Google pada tahun 2008 dan kemudian ditambahkan ke akun Webmaster Klasik pada tahun 2012; dengan beberapa perubahan desain kecil. Sejak itu, fitur itu adalah bagian dari Google Webmaster dan kemudian Search Console.

Fitur baru bernama Google Search Console mengharuskan pengguna website menanamkan kode verifikasi dalam halaman website nya. Setelah terverifikasi, pengguna bisa gunakan fasilitas Submit a sitemap atau gunakan fasilitas Fetch as Google.

Jadi saat ini kita sudah dibuat lebih mudah, ga perlu membuat site map dan repot2 submit url. Jika ingin menambahkan URL pada website atau blog, cukup masuk ke Search Console > pilih properti (nama blog atau website) > klik Site Map (Peta Situs) dan kemudian isi url yang akan ditambahkan.


Demikian Submit Url via Site Map Google Search Console, semoga bermanfaat. 
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment