Tuesday, January 20, 2015

Kalender Peristiwa Langit di 2015


Mungkin kita selama ini hanya tahu kalender Libur Nasional, Kalender motogp atau yang lainnya, tapi Setahun ke depan langit memiliki berbagai tontonan hebat, di antaranya dua gerhana bulan, planet, dan mungkin komet di pengujung tahun dan bisa menjadi kalender tersendiri bagi anda yang suka akan Astronomi. 


Peristiwa langit apa yang akan jadi incaran di tahun ini? Banyak sekali tawaran untuk para stargazer di 2015, karena akan ada sejumlah fenomena langit yang menarik! Berikut tanggal-tanggal yang harus ditandai pada kalender Anda.

Gerhana Bulan Total
Tahun 2015 ini memberikan dua kali kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan langit yang paling sederhana, yakni gerhana bulan total.

Pertama, pada 4 April, Bumi akan gelap diselimuti bayangan bulan tatkala planet kita berangsur-angsur bergerak antara Matahari dengan Bulan. Gerhana Bulan Total ini dapat terlihat dari Pasifik Selatan, Alaska, Australia bagian timur, dan Jepang. Sementara penduduk Amerika Utara akan menyaksikan sebagian gerhana sebelum matahari terbit.

Kesempatan kedua mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) adalah malam 27 September, ketika gerhana tersebut melintas di Benua Amerika, Eropa, dan Afrika.

Pertemuan Planet
Ini pasti sesuatu yang dinantikan karena pertemuan planet-planet begitu indah. Yang pertama adalah senja hari pada 30 Juni, lihatlah ke arah langit barat dan Anda bisa menyaksikan Venus "parkir" di samping planet terbesar Tata Surya, Jupiter.

Jupiter dan dua bulannya, Io ...Jupiter dan dua bulannya, Io dan Europa (paling kanan). 
Kedua planet cemerlang ini akan berada di posisi berdekatan, berpasangan, hanya terpisah 0,3 derajat, di langit.

Sebagai bonus, 11 hari sebelumnya bulan akan bergabung dengan duet kosmik ini membentuk segitiga.

Kemudian, pada fajar hari tanggal 23 Oktober, di langit timur, semua planet akan menampakkan diri dalam penampilan terbaiknya tahun ini.

Komet
Komet Catalina (C/2013 U10) diperkirakan hadir di langit bulan Desember. Pengamatan komet lewat teropong, bahkan langsung dengan mata telanjang, akan dapat dilakukan pada saat subuh. Kira-kira 7 Desember, komet akan muncul di langit tenggara, berjarak 5 derajat saja dari Venus.

Bila prediksi ini benar, Catalina juga akan melewati salah satu bintang paling terang—Arcturus—pada hari Tahun Baru 2016 yang akan datang.
  • Share:

0 komentar:

Post a Comment